Kamis, 02 Juni 2016

Contoh Pantun Jenaka Untuk Hiburan



Pantun tidak hanya berisi pesan atau nilai penting tetapi pantun juga bisa dijadikan sebagai media hiburan. Pantun yang lucu dan menghibur disebut pantun jenaka, beberapa contoh pantun jenaka bahkan bisa membuat anda tertawa terpingkal-pingkal saking lucunya. Pantun jenaka memang bisa digunakan sebagai sarana untuk melucu atau menghibur sehingga terkadang pantun semacam ini digunakan oleh para pelawak yang bermain ketropak bergenre humor, wayang orang, atau jenis pertunjukan lainnya. Pantun semacam ini digunakan dalam pertunjukan untuk menghindari kebosanan penonton akibat adegan yang terlalu monoton atau kurang bervariasi sehingga pertunjukkan terasa lebih hidup dan terlihat lebih menyenangkan.

Tidak semua pantun bisa dijadikan hiburan karena beberapa pantun menggunakan kata-kata serius yang berisi nasehat. Ada pula pantun yang memakai kata-kata religius sehingga pantun tersebut disebut pantun agama. Bahkan ada pula yang berisi tentang adat istiadat suatu darah sehingga pantun tersebut disebut sebagai pantun adat dan masih banyak jenis pantun lainnya. Pantun yang bisa dijadikan sebagai hiburan adalah pantun jenaka.

Jenis pantun yang menggunakan kata-kata lucu atau dengan bercanda untuk menyampaikan suatu maksud. Anda bisa lebih memahami pantun jenaka jika anda melihat contoh pantun jenaka yang bisa anda lihat ketika menonton suatu pertunjukan. Pantun semacam ini memang bisa membuat seseorang tertawa atau tersenyum sendiri ketika membaca atau mendengarnya sehingga sangat cocok untuk dibaca ketika seseorang merasa jenuh, bosan, atau bisa juga untuk menghilangkan stress. Berikut adalah beberapa contoh pantun jenaka yang bisa membuat anda terhibur:

Contoh Pantun Jenaka
"Kau sungguh dinamis
Rambutmu kayak selebritis
Sifatmu romantis gayamu erotis
Pakaianmu necis
Parfummu dari Paris
Sayang, wajahmu kaya teletubies
Gimana mo laris?

"Jakarta kota metropolitan
Surabaya kota pahlawan
Bogor kota hujan
Eeh yang baca kayak orang utan
Kalau marah berarti bener tenan
Kamu sudah punya kesadaran"

"Memasak ikan di dalam peti
Paling enak di campur terasi
Gayanya aja kayak selebriti
Tapi dompetnya kagak berisi"

"Mandi berendam di dalam kolam
Untuk membersihkan badan diri
Abang tak mandi dari semalam
Pantas badan bau terasi"

"Kamu itu juga manis
Kalau mau bilang cheese
Biar gak ditonjok orang bilang peace
Kalau dicium bilang kiss
Biar dikasih bilang please
Tapi kamu malah mringis-mringis"
Beberapa pantun diatas memang lucu dan bisa membuat seseorang tertawa sehingga bisa membuat siapapun merasa terhibur. Pantun-pantun yang dicontohkan diataslah yang disebut sebagai pantun jenaka.pantun jenaka sebenarnya tidak memiliki aturan khusus yang berbeda dengan pantun lainnya. Jadi, sebenarnya pantun jenaka sama dengan pantun lainnya, yang berbeda hanyalah pantun tersebut memakai kata-kata lucu sehingga bisa membuat seorang pembaca terhibur. Sebenarnya beberapa pantun jenaka diatas adalah bentuk perkembangan dari pantun yang disebut talibun.


Pantun yang menggunakan versi talibun adalah pantun yang ditulis leebih panjang dari pantun biasa yang biasanya memiliki empat baris. Bagian sampiran dan isi memang tidak berubah seperti pantun lainnya, namun pantun tersebut mengandung banyak sampiran yang membuat pantun tersebut menjadi lebih panjang. Karya sastra tradisional semacam pantun jenaka ini tidak hanya bisa menjadi hiburan tetapi juga menyampaikan pesan kepada seseorang sehingga orang tersebut bisa mengerti apa yang ingin disampaikan oleh orang lain tanpa merasa tersinggung, namun justru merasa terhibur. Itulah kegunaan contoh pantun jenaka yang bisa menyampaikan maksud sekaligus menghibur seseorang.

Contoh Pantun Jenaka Untuk Hiburan Rating: 4.5 Posted by: Nina Hasrina