Sabtu, 21 Mei 2016

Contoh Pantun Nasehat Yang Bisa Dijadikan Pelajaran

Nasehat yang berharga bisa didapat dari manapun termasuk pantun. Beberapa contoh pantun nasehat bahkan bisa menjadi pelajaran yang lebih berkesan. Memang tidak semua pantun memberikan suatu nasehat karena pantun juga terdiri dari bermacam-macam jenis seperti pantun jenaka, pantun anak-anak, pantun nasehat, dan beberapa jenis lainnya. Setiap jenis pantun mempunyai perannya tersendiri yang bisa dijadikan media pembelajaran. Apalagi pantun merupakan warisan pengetahuan dari orang zaman dahulu maupun dari orang tua jaman sekarang yang berisi nasehat penting tentang kehidupan untuk anak-anaknya. Anak-anak muda jaman sekarang bisa memetik pelajaran dari contoh pantun nasehat.

Seperti yang telah diketahui bahwa pantun sudah ada sejak zaman dahulu sehingga sering dikatakan sebagai warisan nenek moyang. Orang-orang tua zaman dahulu sering menggunakan pantun untuk menasehati anak-anak mereka yang masih mudah agar anak-anak tersebut tidak melakukan perbuatan tercela sehingga kehidupan mereka menjadi lebih tentran dan harmonis. Saat ini pantun disebut sebagai karya sastra tradisional yang masih dilestarikan oleh sebagian masyarakat terutama yang telah lanjut usia karena pemuda saat ini kurang menyukai pantun apalagi pantun nasehat. Berikut adalah beberapa contoh pantun nasehat yang mungkin bisa dijadikan pembelajaran bagi pemuda saat ini:

Contoh Pantun Nasehat
Pinang muda dibelah dua
Anak burung mati diranggah
Dari muda sampai ke tua
Ajaran baik jangan diubah
Jika kita mencoba mengartikannya secara spontan maka maksud dari pantun diatas adalah bahwa orang yang lebih muda harus menghormati ajaran yang telah disampaikan oleh orang yang lebih tua sehingga ajaran tersebut tidak boleh dirubah isinya. Dengan demikian ajaran tersebut akan bisa diwariskan ke generasi selanjutnya.
Anak ayam turun sepuluh
Mati satu tinggal Sembilan
Tuntutlah ilmu dengan sungguh-sungguh
Supaya engkau tidak ketinggalan
Jika dicermati secara sungguh-sungguh maksud dari pantun diatas adalah seseorang yang sedang menuntut ilmu harus melakukannya dengan serius sehingga orang tersebut tidak akan tertinggal oleh orang lain. 
Anak ayam turun Sembilan
Mati satu tinggal delapan
Ilmu sedikit boleh ketinggalan
Tapi jangan sampai putus harapan
Maksud yang tersirat dari pantun nasehat diatas adalah seseorang yang tidak terlalu pandai tidak harus merasa rendah diri. Orang tersebut justru harus berusaha lebih giat dan tidak menyerah untuk mencapai tujuan agar cita-cita atau keinginannya bisa terkabul.
Dayung perahu tuju haluan
Membawa rokok bersama rempah
Kalau ilmu tak diamalkan
Ibarat pokok tidak berbuah
Nasehat yang terdapat pada pantun diatas adalah tentang pentingnya seseorang yang mempunyai keahlian atau pengetahuan untuk mengamalkan ilmunya demi kepentingan masyarakat atau orang banyak. Bila orang tersebut tidak engamalkan ilmunya maka ilmu tersebut akan terbuang percuma dan menjadi tidak bermanfaat.
Ramai orang menggali perigi
Ambil buluh lalu diikat
Ilmu dicari tak akan rugi
Buat bekal dunia akhirat
Nasehat yang bisa dipetik dari pantun nasehat diatas adalah memiliki banyak ilmu tidak akan membuat seseorang rugi jika orang tersebut bisa menggunakannya dengan baik sehingga bisa memberi manfaat baik di dunia maupun di akhirat nanti.


Itulah beberapa pantun nasehat yang bisa dipetik untuk dijadikan pelajaran bagi generasi muda saat ini. Dengan memahami makna yang tersirat atau yang terkandung dari beberapa contoh pantun nasehat diatas seseorang diharapkan bisa menjadi pribadi yang lebih baik sehingga bisa berguna bagi kehidupan masyarakat, bangsa, dan Negara serta siap menghadapi masalah dunia dan akhirat.

Contoh Pantun Nasehat Yang Bisa Dijadikan Pelajaran Rating: 4.5 Posted by: Nina Hasrina