Minggu, 14 Februari 2016

Kata Mutiara Sunda Sebagai Pelestarian Budaya dan Bahasa

Kata Kata Mutiara Sunda _ Kata bijak dalam bahasa sunda adalah sebuah ungkapan dalam bahasa sunda yang biasa dipergunakan oleh sebagian masyarakat sunda yang berada di daerah jawa barat seperti di kawasan Bandung, Garut, Tasikmalaya, Subang, dan lain sebagainya. Bahasa merupakan sebuah alat komunikasi yang dipergunakan oleh orang untuk berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan orang lain, dan di Indonesia sendiri terdapat banyak bahasa lokal yang digunakan oleh para penduduknya seperti bahasa jawa, bahasa sunda, bahasa minang, bahasa oseng, dan masih banyak bahasa-bahasa lain yang digunakan penduduknya. 

Bahasa tidaklah bisa lepas dari kehidupan sosial dan dari lingkungan sehari-hari karena bahasalah yang akan membantu kita untuk dapat berbicara dan berkomunikasi dengan makhluk sosial lainnya. Biasanya kata-kata ucapan menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, tapi kali ini untuk melestarikan bahasa sunda, alangkah baiknya kali ini kami bahas kata-kata mutiara yang menggunakan bahasa sunda. Kata-kata mutiara adalah kata-kata yang dapat mengispirasi seseorang dalam kehidupannya sehari-hari dan membuat seseorang semakin bijak dalam menanggapi permasalahan yang kerap kali muncul pada kehidupan sehari-hari kita.

Kata mutiara sunda sangatlah baik untuk seseorang karena ia dapat mengajari kita arti dari sebuah kehidupan dengan gayanya yang santun yang memberikan nuansa tersendiri bagi orang yang menggunakan bahsa sunda sebagai bahasa sehari-hari dan khususnya untuk masyarakat sunda sendiri. Lalu apa saja kata-kata mutiara yang dapat menginspirasi seseorang dalam bahasa sunda. Kata Mutiara Bahasa Sunda Buhun, Romantis, Gokil, Lemes, Lucu, Sedih, Kahirupan, dan Juga kata kata bijak bahasa sunda buat status fb Yuk mari intip kata-kata motivasi dalam bahasa sunda beserta artinya dalam bahasa indonesia  di bawah ini.

Kata Mutiara Sunda
Hirup mah satungtug can bisa manfaat jang batur minimal tong ngarugikeun (hidup itu selagi belum bisa bermanfaat untuk orang lain, minimal jangan merugikannya)

Gunung teu meunang di lebur, sagara teu meunang diruksak, buyut teu meunang di rampak ( Gunung tidak boleh dihancurkan, laut tidak boleh dirusak dan sejarah tidak boleh dilupakan harus serasi dengan alam.)

Hidup itu harus loba seuri, biar kelihatannya teh bagja alias senang gitu, meskipun mah hate keur notog ti tajong boleksek (hidup itu harus banyak tertawa agar terlihat senang dan bahagia meskipun hati sedang gundah)


Tatangkalan dileuweung teh kudu di pupusti (Pepohonan di hutan ituh harus di hormati, harus dibedakan istilah dipupusti (dihormati) dengan dipigusti (di Tuhankan) banyak yang salah arti disini)

Hidup mah kudu bermanfaat lain ngamanfaatkeun (hidup itu harus bisa bermanfaat dan memanfaatkan)


Alloh mah ngan saukur ngacumponan kanungado’a sarengnu ikhtiar (Allah hanya mengabulkan keinginan seseorang jika dia berdoa dan berusaha)


Aya kahayang bari jeung teu dibarengan ku usaha mah sarua jeung ngabodor (punya keinginan tapi sambil tidak disertai usaha sama aja bercanda)


Pagawean anu dilaksanakeun kalayan jeung hate pasti ngahasilkeun anu alus (pekerjaan yang dilakukan dengan hati pasti menghasilkan yang bagus)


Nu lain kudu dilainkeun nu enya kudu di enyakeun (berbicara benar apa adanya)
Kudu paheuyeuk heuyeuk leungeun paantay-antay tangan (saling bekerjasama membangun kemitraan yang kuat)


Kudu hade gogod hade tagog (penampilan harus dijaga agar punya performance yang oke dan harus konsisten dengan perilakunya)


Kudu silih asih, silih asah jeung silih asuh (harus saling mencintai, memberi nasehat, dan mengayomi)


Pondok jodo panjang baraya (siapapun walau bukan jodoh kita tetap harus menjaga persaudaraan)
Ulah ngaliarkeun taleus ateul (jangan menyebarkan isu hoak dan  bersifat memfitnah)


Taraje nangeuh dulang pinande (setiap tugas harus dilaksanakan dengan baik dan benar)


Ulah keok memeh dipacok (seorang ksatria akan pantang mundur sebelum berupaya dengan keras)

Demikianlah beberapa contoh dari kata mutiara sunda yang kami rangkum untuk Anda yang memang cocok untuk watak dan karakter orang sunda yang memiliki sifat lemes. Semoga kata-kata tersebut dapat membantu Anda untuk memotivasi diri sendiri dan orang lain sehingga kehidupan bersosial Anda akan menjadi lebih baik dan bermanfaat.

Kata Mutiara Sunda Sebagai Pelestarian Budaya dan Bahasa Rating: 4.5 Posted by: Nina Hasrina