Senin, 11 Januari 2016

Kata-Kata Mutiara Jawa untuk Kehidupan yang Damai

Kata-Kata Mutiara Jawa _ Sebagai orang yang lahir di jawa, dapat dipastikan apabila keseharian anda juga bergelut dengan kehidupan dengan tata cara jawa yang mendasarinya. Sebagai panduan kehidupan, mungkin anda juga pernah mengenal adanya kata-kata mutiara jawa. Apabila anda baru pertama kali mengetahuinya, maka sebisa mungkin anda harus membacanya atau anda bisa juga mempelajari mutiara yang berasal dari jawa itu. Akan sangat disayangkan sekali apabila anda tak tahu apapun mengenai dasar kehidupan jawa dimana anda sempat lahir dan memulai kehidupan pertama kali di tanah jawa. 

Dengan mempelajari kata bijak motivasi ataupu kata- kata mutiara jawa yg halus ini maka kehidupan anda akan senantiasa baik dan benar sesuai kehidupan jawa yang rukun, tentram, dan saling bergotong-royong. Apabila bukan anda yang merupakan keturunan keluarga jawa, lalu siapa lagi yang harus mempelajarinya? Mengingat saat ini kebudayaan daerah mulai ditinggalkan, maka anda yang merupakan generasi penerus bangsalah yang perlu ikut andil dalam melestarikan budaya, khususnya budaya jawa, dan hal ini bisa dimulai dari mempelajari mutiara jawa dan mengaplikasikannya dalam kehidupan keseharian yang anda jalani.

Yang membedakan kata-kata mutiara jawa dengan kata-kata mutiara yang lain ialah mutiara jawa ini menggunakan bahasa jawa sebagai bahasa penyampaiannya. Kata mutiara versi jawa ini memiliki banyak pepatah dan nasihat yang bijak berasal dari ucapan dan ungkapan sejarah di masa dahulu dan tetap dipertahankan dengan cara didokumentasikan atau diwariskan turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain di bawahnya. Atau dari seorang jawa ke seseorang yang memiliki darah jawa.

Apabila anda belum pernah membacanya, mungkin anda belum tahu apa manfaatnya mempelajari mutiara berbahasa jawa ataupun Kata Mutiara Bahasa Jawa Kromo Inggil Kuno ataupun kata Falsafah Cinta dalam Bahasa Jawa Yang lucu dan tentang pendidikan Yang Lengkap. Namun setelah anda mencoba untuk membacanya, pasti anda akan merasakan serta bisa meresapi apabila mutiara jawa ini bisa mengubah cara pandang dan berfikir anda mengenai suatu hal.

Kata-Kata Mutiara Jawa

Contoh kata-kata mutiara jawa antara lain:
"Sabar iku lire momot kuwat nandhang sakehing coba lan pandhadharaning ngaurip." Artinya : Sabar itu merupakan sebuah kemampuan untuk menahan segala macam godaan dalam hidup, yg tentunya nanti bisa untuk mendewasakan diri kita masing-masing".

Suwalike malah kebak pengarep-arep lan kuwawa nampani apa bae kang gumelar ing salumahe jagad iki." Artinya : Sebaliknya kita harus menjalani dengan penuh harapan dan seolah-olah mampu untuk mendapatakan apa saja yang ada di dunia ini. Tentunya dengan disertai rasa mawas diri dan kepasrahan.

"Jumbuh karo unine bebasan, sabar iku kuncining swarga, ateges marganing kamulyan." Artinya : Sama seperti bunyi sebuah peribahasa, berlaku sabar itu adalah "jalan utama" untuk mendapatkan "surga". Yang dimaksud disini adalah ketentraman dan kedamaian dalam menjalani kehidupan".

"Urip iku terus mlaku, bebarengan karo wektu,sing bisa gawa lakumu, supaya apik nasibmu." Artinya : Hidup itu terus berjalan,bersamaan dengan waktu,yang bisa membawa tingkah lakumu.biar baik nasibmu".


"Yen urip mung isine isih nuruti nepsu,sing jenenge mulya mesti soyo angel ketemu." Artinya : Jika hidup masih dipenuhi dengan nafsu untuk bersenang-senang, yang namanya kemulyaan hidup akan semakin sulit ditemukan

"Aja dadi uwong sing rumangsa bisa lan rumangsa pinter. Nanging dadiya uwong sing bisa lan pinter rumangsa." Artinya : Jangan jadi orang yang merasa bisa dan merasa pintar tetapi jadilah orang yang bisa dan pintar merasa".


"Nek arep matine sempurna, ya kudu urip sing sempurna. Arti dari kata tersebut ialah dalam kehidupan yang sangat singkat ini sebaiknya anda menjalaninya dengan baik dan benar. Jangan melakukan kesalahan dan dosa.  Apabila hal tersebut dilakukan, maka kehidupan anda selanjutnya setelah meninggal bisa terjamin, karena kehidupan selanjutnya bisa tercermin dari kehidupan anda di dunia. Bila anda berbuat kejahatan, maka kehidupan mendatang anda bisa jadi ada dalam kejahatan pula".


"Marang sapadha-padha iku aja mbedakake. Artinya sebagai manusia anda tidak boleh membedakan satu orang dengan yang lainnya. Apabila anda membeda-bedakan orang, tentu suatu hari anda juga bisa dibeda-bedakan orang. Apabila orang membedakan anda dengan yang lainnya, tentu anda bisa merasa sakit hati. Maka inilah yang dirasakan oleh orang yang anda bedakan. Karena bangsa indonesia khususnya suku jawa tidak hanya terdiri dari satu daerah saja, tetapi ada banyak. Maka dari itu anda harus mulai menghargai perbedaan agar kehidupan anda bisa rukun dengan perseorangan maupun dengan sekelompok orang di sekitar anda".


"Dadi manungso kudu adigang, adigung, adiguna. Artinya yaitu sebagai seorang manusia, anda harus menjaga selalu kelakuan anda, jangan sombong terhadap sesama, serta jangan merasa tinggi dengan kedudukan yang anda miliki, kekuatan, dan latar belakang".

Masih banyak lagi kata-kata mutiara jawa yang lain. Apabila hal ini di serapi dengan betul-betul, maka kehidupan anda akan senantiasa damai dan tenang. Anda juga perlu meneruskan apa yang anda pelajari ini ke keturunan anda agar mutiara ini tidak punah dan bisa selalu terjaga.

Kata-Kata Mutiara Jawa untuk Kehidupan yang Damai Rating: 4.5 Posted by: Nina Hasrina